Wednesday, April 8, 2009

Tips Sederhana Menjadi Pebisnis Online

Tips Sederhana Menjadi Pebisnis Online
________________________________________
Dalam menjalankan sebuah bisnis baik itu secara online maupun offline, untuk menjadi yang terbaik, diperlukan dukungan dari banyak aspek yang pada prinsipnya hampir sama untuk kedua pola bisnis ini.

Bisnis offline memiliki produk atau jasa yang jelas dan sudah umum dikenal oleh mereka yang menjalankannya.

Didalam bisnis online juga memiliki produk dan jasa yang diperdagangkan atau dipertukarkan dikalangan pebisnis online. Tapi terkadang, produk di bisnis online tidak berbentuk nyata, tetapi hadir dalam bentuk digital.

Contohnya buku digital atau yang biasa dikenal dengan ebook, majalah digital atau ezine, hingga uang digital yang diterbitkan oleh perusahan-perusahan layanan transaksi online, diantaranya seperti; eGold dan PayPal. Nah, tips dalam berbisnis online, anda juga di wajibkan untuk memiliki sebuah produk yang

layak jual, berkualitas dan sesuai kebutuhan yang diinginkan oleh pengunjung website ataupun oleh orang yang benarbenar membutuhkan, yang mana produk tersebut hanya bisa didapatkan secara online.

Ya! Pada tahap awal anda harus memiliki PRODUK untuk dijual melalui internet.

Produk yang bisa dijual di internetpun bisa berupa produk nyata, seperti halnya produk-produk di bisnis konvensional atau bisnis offline umumnya. Juga anda bisa saja menjual produk-produk dalam bentuk digital. Seperti ebook dan ezine yang dikemas dengan format file pdf sampai software ataupun script-script php, asp, cgi, javascript yang berfungsi untuk pembangunan sebuah website interaktif.

Pada intinya, anda harus mempunyai PRODUK untuk dijual. Dan sangat disarankan untuk menjual produk-produk yang merupakan hasil karya anda sendiri. “Kenapa harus produk hasil karya sendiri? Apakah saya tidak bisa atau tidak boleh menjual produk orang lain dengan sistem bagi hasil (profit sharing) ?”

Tentu. Sangat baik bagi anda jika menjalankan bisnis dengan sistem bagi hasil dengan menjual produk-produk orang lain melalui internet. Tapi akan lebih jauh lebih baik, jika anda memulai berbisnis di internet dengan memasarkan produk hasil karya anda sendiri.

Hasil karya sendiri yang dimaksudkan disini tidak harus anda sendiri yang membuat, menyusun atau menciptakan. Jika anda punya sebuah ide yang menurut anda bisa diwujudkan dalam bentuk sebuah produk namun tidak mampu mengerjakannya sendiri, maka bantuan teman atau orang terdekat bisa menjadi alternatif untuk menjadikan ide tadi menjadi sebuah produk yang layak, berkualitas dan punya nilai jual tinggi di internet.

Memasarkan produk sendiri tentunya lebih mudah dibanding memasarkan produk orang lain. Karena, anda tentunya lebih tahu semua kelebihan-kelebihan dari produk tersebut. Hal ini penting untuk masuk pada tahap berikutnya, membangun website sendiri.

Membangun sebuah website yang berisi segala informasi tentang produk anda sebenarnya tidak sulit. Coba gunakan Microsoft FrontPage. Anda akan tahu mudahnya membuat website sendiri dengan program ini. Jika diperlukan, minta bantuan teman yang punya pengalaman mendisain website untuk

membantu anda. Bila perlu, sharing sedikit dari keuntungan dengan teman anda ini. Karena jika anda tidak punya waktu untuk belajar membangun website sendiri, maka anda akan membutuhkannya untuk waktu yang lama.

Dalam mendesain website pemasaran untuk satu jenis produk, diperlukan deskripsi atau penjelasan yang detail tentang produk tersebut agar calon konsumen mendapatkan informasi yang jelas dan jangan lupa cantumkan kelebihan-kelebihan produk anda dibanding produk sejenis yang mereka temui ditempat lain.

Selanjutnya kita masuk pada tahap promosi. Bisa melalui iklan online di beberapa website iklan baris. Contohnya melalui website SpyOnAd.com iklan anda akan tersebar ke 30 website iklan sekaligus dalam sekali klik.

Promosi melalui media cetak yang tepat juga salah satu yang terefektif. Tabloid Internet, adalah media cetak yang paling tepat untuk memasarkan produk dan website anda. Karena Tabloid Internet beredar nasional (seluruh Indonesia) dengan target pembaca yang spesifik adalah para pengguna internet di Indonesia. Promosi ini menjamin pengunjung yang tepat yang datang ke website anda. Jika sebelumnya anda beriklan di berbagai media yang memiliki target pasar terlalu luas, kini anda sudah bisa menemukan yang semakin spesifik dalam menjaring pembaca dan pengunjung ke website anda, yakni melalui Tabloid Internet. Ditahun pertama, Tabloid Internet tetap berusaha memberikan tarif iklan yang bisa dijangkau oleh semua pebisnis online baik pemula maupun yang sudah lama.
__________________


kusnurhadieko@yahoo.com
081323993938

No comments:

Post a Comment

//PART 2